Selasa, 01 Desember 2015

Perang Status Lebay ( Sinopsis Majalah Elfata Desember 2015 )

Alhamdulillah. Shalawat dan salam semoga terlimpah pada Rasulullah Muhammad. Keluarga, shahabat dan pengikutnya hingga hari kiamat.

Perkembangan media sosial memberikan banyak manfaat bagi manusia. Komunikasi, bisnis, pertemanan jadi lebih mudah dilakukan. Sayangnya, gegap gempita medsos juga menyisakan banyak masalah.  Kejahatan dan kemaksiatan menyusup masuk ke jejaring medsos bak tangan-tangan gurita. Yah, bukan medsosnya yang salah. Bukan pula handphone dan computer yang bermasalah. Karena toh jejaring dan perangkat yang ada hanya mengikuti penggunanya. Selalu saja problem bermula dan berakhir pada penggunanya. Sebagaimana hasilnya baik atau buruknya diunduh sendiri oleh manusia. Al jaza’u min jinsil ‘amal. Siapa menabur pasti dia yang akan memanen hasilnya.

Edukasi alias pendidikan tentang penggunaan perangkat dan media sosial adalah kunci kesuksesan yang jarang sekali diperhatikan. Bagaimana adab-adab penggunaannya, cara berkomunikasi yang baik seolah hanya sebatas iklan lewat yang tak dianggap di tengah derasnya serbuan gadget dan medsos yang diperantarainya.  Padahal komunikasi dengan orang lain selalu saja ada rambu-rambunya dalam syariat Islam.

Berlaku ihsan dan adil dalam bergaul sudah pasti terus melekat ketika berhubungan dengan orang lain, dengan sarana apa pun. Menulis status di medsos pun ada aturannya. Karena tulisan di buku, status di medsos atau dimanapun merupakan bentuk lisan lain manusia yang akan dipertanggung jawabkan. Fenomena yang lumayan mengenaskan, banyak remaja yang asal-asalan dalam menulis statusnya. Tak jarang status tersebut nyerempet hal-hal yang mencederai akidahnya sendiri, maksiat atau tak berguna.

Nah, kalau begitu mari belajar untuk menulis status yang elegan bersama elfata edisi kali ini. Selamat membaca!

Related Posts

Perang Status Lebay ( Sinopsis Majalah Elfata Desember 2015 )
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.